Selasa, 02 Juli 2013

Kenali gejala kanker otak

Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan berbahaya. Kanker otak menyerang pada bagian luarnya yakni tiga bagian lapis selaput otak dan bagian tulang tengkorak. Pada dasarnya kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya kanker/tumor jinak.

Namun bagian yang diserang adalah otak, maka ini sangat berbahaya. Karena dapat merusak dan mengganggu fungsi struktur susunan saraf pusat yang terletak didalam rongga tengkorak. Berkembangnya tumor tersebut maka jaringan otak akan semakin tertekan. Dan perlu diketahui volume rongga tengkorak sangat terbatas sehingga menyebabkan rasa sakit dikepala atau pusing. Jika itu memang dirasakan, maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak.

Apa saja faktor penyebab kanker otak?

  • Gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dan komputer yang dapat meningkatkan peranan dari sel kanker.

  • Penelitian telah menunjukkan bahwa terjadinya kanker otak berkaitan langsung dengan penggunaan obat–obatan pestisida, pelarut, pewarna dan formaldehida. Dan juga pada perempuan hamil, penggunaan alkohol atau pewarna rambut akan meningkatkan risiko anak-anak menderita neuroblastoma.

  • Trauma maupun benturan juga terbukti dapat merangsang kanker otak, jaringan parut meningeal dapat memicu terciptanya tumor, tumor traumatis terjadi terutama atas dasar dura dan cedera arachnoid. Selain itu, cedera otak traumatis yang sudah ada akan mempercepat pertumbuhan tumor otak.

  • Radiasi : paparan radiasi adalah salah satu penyebab kanker otak.


Apa saja gejala kanker yang paling umum ?

  • Sakit kepala : sakit kepala yang sering terasa pada pukul 04.00 – 05.00 pagi, sering terbangun karena rasa sakit, semakin lelap tidurnya semakin terasa sakitnya. Umumnya rasa sakit yang berkurang setelah bangun di pagi hari pukul 08.00 – 09.00.

  • Muntah banyak : berbeda dengan muntah yang disebabkan oleh penyakit-penyakit pencernaan. Pada pasien kanker otak, muntah sering diawali dengan rasa penuh atau begah pada perut, mual, sakit perut atau diare. Muntahnya tidak berkaitan dengan makanan yang dimakan, lebih disebabkan oleh rasa sakit kepala yang berkepanjangan serta terjadi muntah yang dahsyat. Muntah yang seperti ini disebabkan dari saraf medula oblongata yang mengalami peningkatan tekanan intrakranial utama.

  • Selain itu, penderita kanker otak juga umumnya mengalami kejang-kejang, exophthalmos (salah satu bola mata yang menonjol), tuli sebelah, hemiplegia (lumpuh tubuh sebelah), ucapan yang tidak jelas, kesulitan membuka kelopak mata, diplopia (penglihatan berbayang) atau kesulitan menelan makanan, vertigo, gerakan yang tidak sempurna merupakan gejala yang paling sering dijumpai pada penderita kanker otak.


Tim ahli rumah sakit Modern Cancer Hospital Guangzhou menyarankan agar segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan apabila ditemui berbagai gejala kanker otak seperti disebutkan diatas.

Sumber : info kesehatan dan asiancancer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar