Langsung ke konten utama

Membuat kulit bercahaya dengan Tomat

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tomat yang ada terdapat dipasaran umumnya memiliki 2 warna, yakni merah dan hijau. Keduanya memiliki perbedaan kandungan Vitamin C dan A yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah tomat yang berwarna merah memilliki kandungan Vitamin A dan C lima kali lebih banyak daripada yang berwarna hijau dan tomat merah ini sangat baik dikonsumsi anak-anak sejak dini demi kesehatan mata dan lebih meningkatkan imunitas terhadap berbagai penyakit yang menyerang.

Dipandang dari sisi botanic tomat masuk pada kelompok buah yang dapat dimakan, namun sebagian masyarakat kita memasukkan tomat ke dalam kelompok sayuran. Buah ini lebih sering digunakan sebagai pelengkap masakan karena memiliki rasa yang tajam dan unik. Oleh sebab itu kita sangat sulit menemukan bahan perasa sebagai pengganti buah ini.

Jika dilihat dari segi kandungan gizi dan nutrisi, tomat mengandung mineral, serat dan vitamin yang tinggi, keuntungan lainnya adalah buah tomat rendah kalori dan lemak sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja. Ahli gizi bahkan menganjurkan orang yang menderita obesitas dan masalah kolesterol untuk selalu mengonsumsi buah ajaib ini. Beberapa penelitian sudah dilakukan para ilmuan di berbagai negara, berikut ini adalah hasil penelitian para ilmuan terkait manfaat tomat.

  1. Lycopene yang ada pada tomat dapat mencegah penyakit jantung.

  2. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada tomat membuatnya berkhasiat melindungi kesehatan mata kita.

  3. Mencegah penyakit kanker, hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Edward Giovannucci dari universitas Harvard menunjukkan bahwa kandungan lycopene dan beta-karoten pada tomat bekerja sebagai antioksidan alami yang melindungi sel-sel dan struktur tubuh lainnya dari bahaya radikal bebas.

  4. Lycopene merupakan salah satu jenis antioksidan vital alami, berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.


100 gram tomat mengandung nutrisi sebagai berikut :

  •  Vitamin A: 1000 internasional unit (IU)

  •  Vitamin B: thiamine sebanyak 0.56 miligram

  •  Vitamin C: 23 miligram

  •  Vitamin K: jumlahnya tidak tentu

  •  Kalsium: 11 miligram

  •  Besi: 6 miligram

  •  Fosfor: 27 miligram

  •  Kalium: 360 miligram

  •  Protein: 1 gram

  •  Kalori: 20


Berbagai Manfaat Tomat  lainnya:

  • Membantu menurunkan risiko gangguan jantung.

  • Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.

  • Mengurangi risiko radang usus buntu.

  • Meningkatkan jumlah sperma pada pria.

    • Mengatasi kegemukan.

    • Mengandung kolesterol baik sehingga dapat melindungi organ jantung. Mengonsumsi buah tomat secara teratur dapat mengurangi kadar trigliserida yang terdapat dalam darah. Tomat juga mampu mencegah dan menurunkan faktor risiko terhadap serangan jantung, stroke dan pembekuan darah.

    • Selain dapat mengobati gangguan yang terjadi pada pencernaan, buah ini pun mampu mengobati diare dan menurunkan risiko seseorang terhadap penyakit liver.

    • Kaya vitamin C, selain dapat dijadikan sebagai sumber vitamin A, buah ini juga dapat kita jadikan sebagai sumber vitamin C yang diperlukan oleh tubuh.

    • Mengurangi efek buruk asap rokok, kandungan asam coumaric dan asam chlorogenic yang ada di dalamnya dapat membantu kita mengurangi bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok.

    • Menurunkan tekanan darah, konsumsi tomat setiap hari secara rutin terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

    • Dapat digunakan sebagai antiseptik, tomat juga dapat kita gunakan sebagai antiseptik yang ampuh untuk melindungi tubuh dari bahaya infeksi.

    • Pelembut kulit, jika diusapkan pada kulit secara teratur, kulit kita akan lebih lembut dan halus.

    • Mengecilkan pori-pori, untuk mengecilkan pori-pori, cukup menghaluskan beberapa buah tomat lalu campurkan ke dalamnya dua sendok teh cairan jeruk nipis. Oleskan secara merata ke wajah dan bersihkan 5 sampai 10 menit kemudian, lakukan secara teratur sampai ukuran pori-pori anda mengecil.

    • Mengurangi jerawat, kandungan asam yang terdapat pada tomat dapat mengurangi jerawat pada wajah dan bagian tubuh lainnya.




Membuat kulit bercahaya, jika buah ini diaplikasikan pada wajah dengan benar maka kita akan mudah mendapatkan kulit bersih dan memancarkan cahaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali gejala kanker otak

Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan berbahaya. Kanker otak menyerang pada bagian luarnya yakni tiga bagian lapis selaput otak dan bagian tulang tengkorak. Pada dasarnya kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya kanker/tumor jinak.

Namun bagian yang diserang adalah otak, maka ini sangat berbahaya. Karena dapat merusak dan mengganggu fungsi struktur susunan saraf pusat yang terletak didalam rongga tengkorak. Berkembangnya tumor tersebut maka jaringan otak akan semakin tertekan. Dan perlu diketahui volume rongga tengkorak sangat terbatas sehingga menyebabkan rasa sakit dikepala atau pusing. Jika itu memang dirasakan, maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak.

Apa saja faktor penyebab kanker otak?

Gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dan komputer yang dapat meningkatkan peranan dari sel kanker.
Penelitian telah menunjukkan bahwa terjadinya kanker otak berkaitan langsung dengan penggunaan obat–obatan pestisida, pelarut, pewarna dan formaldeh…

Cara turunkan PSA

Bagaimana caranya untuk dapat menurunkan kadar PSA (prostate-specific antigen)? Pertanyaan ini pasti muncul ketika Anda menerima hasil tes dengan kadar PSA yang tinggi. Mungkin Anda merasa khawatir dengan keadaan PSA yang lebih dari angka normal, bahkan jauh di atas rata-rata.
Faktor penyebab tingkat PSA tinggi :
• Kanker prostat
• Prostatitis (radang prostat)
Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)
• Obat yang dipakai untuk mengobati BPH
• Infeksi saluran kemih
• Kateterisasi dan ejakulasi terakhir, secara temporer dapat meningkatkan PSA
• Usia

Kebanyakan pria prihatin dengan penyebab kadar PSA yang tinggi. Apakah penyebabnya karena kanker atau mungkin sesuatu yang lain? Tidak ada orang yang ingin memiliki nilai PSA abnormal. Jika Anda mengalami kejadian ini, lewat artikel ini Anda dapat menemukan jawabannya.

Anda dapat memiliki prostat yang sehat salah satunya melalui gaya hidup dan pola makan. Meskipun usia dan riwayat keluarga merupakan salah satu faktor internal yang sulit untuk dihindari, ca…

Apa itu hydroxytyrosol?

Senyawa fenolik utama yang ditemukan dalam zaitun, dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Memiliki nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity dalam menyerap radikal bebas yang merusak sel) 68.576 dianggap 15 kali lebih tinggi dari teh hijau dan 3 kali lebih tinggi dari CoQ10.

Bagaimana awal mula ditemukannya hydroxytyrosol?
Selama beberapa dekade minyak zaitun telah dikenal selama bertahun karena sifatnya yang sehat. Negara-negara Mediterania memiliki tingkat yang lebih rendah dari penyakit jantung dan kanker dibandingkan negara-negara Barat lainnya. Para peneliti mulai mempelajari elemen yang paling karakteristik dari diet Mediterania yakni minyak zaitun. Dengan mencari senyawa yang bertanggung jawab atas efek antiinflamasi dan penurun kolesterol.
Saat itulah mereka menemukan hydroxytyrosol, polifenol yang dianggap bertanggung jawab untuk efek antiinflamasi pada minyak zaitun. Kemampuannya untuk menyerap radikal bebas dan melindungi sel-sel dan mitokondria dari kerusakan.

Man…